Pengaduan, kritik dan saran, silahkan kirim email ke wehearyou@estilamama.com. Terima kasih :)

EnglishIndonesian

Persiapan Mudik Bagi Ibu Menyusui

Breastfeeding in journey v2

Menjelang lebaran saatnya… mudik! Busui senang atau malah kuatir? Ada rasa senang karena nanti bisa melepas kangen dengan sanak saudara. Tapi wajar kalau kuatir, karena perjalanan panjang akan ditempuh bersama si buah hati yang masih mungil dan mungkin minta menyusu setiap waktu.

Supaya perjalanan mudik dapat dijalani dengan lebih nyaman dan menyenangkan, yuk persiapkan perlengkapan yang penting untuk ibu menyusui.

  • Bra menyusui, dengan kancing atau klip khusus untuk membuka cup, urusan menyusui jadi lebih mudah dan cepat. Pilih bra yang berbahan katun dan tanpa kawat, supaya lebih nyaman dikenakan.
  • Baju menyusui, memudahkan ibu mengeluarkan payudara tanpa repot melepaskan kancing baju dan meminimalkan bagian payudara yang terbuka. Pilih ukuran yang sesuai, bahan yang sejuk dan mudah menyerap keringat. Banyak model baju menyusui yang cantik dan modis, namun masih nyaman dikenakan selama di perjalanan panjang.
  • Apron menyusui, membuat ibu lebih percaya diri saat harus menyusui di mana pun. Pilih yang ada kawat pengeras supaya bayi tetap mendapat sirkulasi udara yang baik serta ibu masih dapat melihat wajah bayi dan membuat kontak mata.
  • Breast pad / penyerap ASI, menampung ASI ketika payudara terlalu penuh atau ASI mengalir karena let-down-reflect, supaya ASI tidak membasahi BH hingga tembus ke baju. Pilih yang sekali pakai (disposable) supaya lebih praktis di perjalanan.
  • Handuk kecil, sangat berguna sebagai pengganti breastpad jika aliran ASI sangat deras, bisa juga untuk menyeka mulut bayi dari sisa-sisa ASI.
  • Bantal menyusui, dapat mengurangi rasa pegal di lengan saat harus menyangga kepala bayi ketika bayi menyusu.
  • Pompa ASI, botol penyimpan ASI dan cooler bag, berguna untuk menabung ASI jika nanti ibu kembali bekerja atau akan pergi tanpa bayi dan juga untuk menjaga supply ASI ketika bayi sudah mulai tidur dengan jangka waktu yang panjang. Pilih pompa ASI elektrik supaya ibu tidak terlalu capek memerah. Siapkan baterai cadangan supaya dapat memerah di mana pun.
  • Minuman yang banyak, memastikan kebutuhan cairan terpenuhi untuk memproduksi ASI serta menjaga ibu terhindar dari dehidrasi. Minuman tidak hanyak air putih, namun boleh juga jus atau susu. Tapi sebaiknya hindari kopi, teh dan minuman bersoda, karena terlalu banyak kafein dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan bayi dan terlalu banyak minuman manis akan meningkatkan kadar gula darah ibu. Ibu masih boleh minum segelas sehari, tapi jangan lebih dari 6 gelas.

(Disadur dari berbagai sumber)

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?