Pengaduan, kritik dan saran, silahkan kirim email ke wehearyou@estilamama.com. Terima kasih :)

EnglishIndonesian

Diabetes gestasional pada ibu hamil

Sedang hamil? Yuk waspadai gejala diabetes gestasional pada ibu hamil. Baru pernah dengar istilah ini? Nah baca dulu supaya pengetahuan bertambah 🙂

 

Gejala diabetes gestasional pada ibu hamil adalah suatu gejala penyakit diabetes yang biasanya terjadi selama masa kehamilan, dan biasanya akan pulih lagi setelah melahirkan.

Penyebabnya adalah karena insulin yang tidak bisa bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Hormon dari kehamilan yang bisa menghambat dan menghalangi insulin untuk menjalankan tugasnya. Penyebab dari gejala diabetes gestasional ini mirip dengan penyakit diabetes melitus tipe 2. Oleh sebab itulah, penyakit diabetes gestasional ini adalah sub tipe dari penyakit diabetes tipe 2.
Gejala yang biasanya terjadi adalah:
– Pandangan menjadi kabur
– Mengalami kelelahan
– Sering mengalami infeksi di saat sedang mengalami luka, kulit dan juga vagina
– Sering mengalami buang air kecil
– Mual dan muntah
– Penurunan berat badan meskpun nafsu makan mengalami peningkatan
Namun walaupun penyakit diabetes melitus gestasional ini sifatnya adalah sementara, jika tidak mendapatkan penanganan dengan baik maka akan membahayakan kesehatan janin dan juga i sibu. Resiko yang bisa saja terjadi adalah makrosomia atau berat badan bayi yang berlebihan, penyakit jantung bawaan, mengalami kelainana pada sistem saraf pusat, dan juga mengalami cacat otot rangka.
Salah satu cara yang bisa membantu mencegah dan juga mengendalikan gejala diabetes gestasional ini adalah dengan melakukan senam kehamilan. Melakukan aktivitas dan juga melakukan olahraga ringan yang baik bagi wanita hamil serta untuk kandungan mereka salah satunya adalah dengan melakukan senam kehamilan. Hal ini sangat berguna bagi keduanya, dan selain itu juga bisa membantu menjaga kadar gula darah didalam darah agar tetap dalam keadaan yang normal.
Selain itu, cara mengatasi dan mencegah penyakit diabetes gestasional adalah :
– Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak serta protein
– Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat lewat sayuran dan juga buah-buahan dan juga mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.
– Mengurangi asupan makanan dengan kandungan gula yang tinggi
Baiklah bumils, mari jaga kesehatan kita dan janin kita dengan mewaspadai gejala dan mencoba mencegah dan mengatasi penyakit diabetes gestasional ini. Healthy mommy, healthy baby!
(disadur dari http://gejaladiabetes.com/gejala-diabetes-gestasional-pada-ibu-hamil/)
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?