Pengaduan, kritik dan saran, silahkan kirim email ke wehearyou@estilamama.com. Terima kasih :)

EnglishIndonesian

Bagaimana cara mengurangi berat badan yang aman bagi ibu menyusui?

Diet untuk ibu menyusui

 

Mommies yang baru melahirkan biasanya merasa tidak suka ketika melihat perubahan angka di timbangan tidak sesuai dengan harapan, atau ketika bentuk tubuh sendiri di cermin. Hamil selama 9 bulan menyebabkan kulit perut meregang dan lemak banyak menumpuk di bawah kulit perut. Sebenarnya breastfeeding mommies tak perlu khawatir mengenai berat badannya karena menyusui bisa membuang banyak kalori. Namun tetap saja sebagian besar mommies ingin berdiet untuk mengurangi berat badan dan memperoleh kembali bentuk tubuh seperti semula sebelum hamil.

Nah, sementara diet rendah karbohidrat adalah pilihan yang bagus untuk sebagian wanita karena diet tersebut dapat menurunkan berat badan secara sangat cepat, namun diet seperti Atkins dan alternatif diet rendah karbohidrat lainnya dapat menyebabkan beberapa masalah untuk ibu menyusui.

Masalah utamanya adalah selama fase awal diet tersebut, anda sama sekali tidak mengkonsumsi karbohidrat supaya masuk ke tahapan pembakaran lemak, disebut ketosis. Ketosis ini membakar lemak, mengurangi rasa lapar dan mendorong air keluar dari tubuh. Namun keton yang juga masuk ke ASI anda akan dikonsumsi oleh anak anda dan para peneliti belum menentukan apakah itu aman atau tidak.

Karena hal di atas, jika anda masih ingin berdiet rendah karbohidrat maka anda dianjurkan untuk:
– Menunggu sampai bayi setidaknya berumur 6 bulan dan telah mengkonsumsi makanan padat
– Hindari dehidrasi dengan minum air dan lebih banyak air
– Mulai secara bertahap dan hindari “fase pertama” dari cara berdiet (karena biasanya pada fase pertama anda dianjurkan untuk sama sekali tidak mengkonsumsi karbohidrat)
– Mengkonsumsi paling sedikit 1800 kalori per hari
– Mengawasi berat badan bayi. Jika anda menyadari ada penurunan pasokan ASI anda, segera berhenti berdiet.

Selain berdiet, cara yang dapat anda lakukan mengurangi berat badan anda adalah dengan melakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki sambil mendorong stroller selama 15 menit, atau melakukan gerakan senam di rumah ketika bayi sedang tidur. Tentu saja, cara ini lebih aman dan sehat 🙂